Breaking

LightBlog

8 Makhluk Mitologi Masyarakat Aceh

8 Makhluk Mitologi Masyarakat Aceh


Banyak kejadian - kejadian yang tidak bisa dipercaya oleh akal namun sering dialami oleh sebahagian orang. Mungkin, itulah penyebab orang - orang percaya adanya makhluk halus dengan berbagai jenis dan berbeda-beda tempat tinggalnya.

Masyarakat Aceh percaya adanya makhluk halus pengganggu diberbagai tempat, dan berikut ini kami catat 8 Makhluk Halus yang dipercayai keberadaannya oleh masyarakat Aceh. 

1. Geunteut

Sebelumnya kami telah menulis mengenai geunteut dan pengakuan masyarakat yang pernah bertemu geunteut. Geuntuet adalah makhluk halus yang berukuran sangat panjang, rambutnya keriting, dan terkadang membawa periuk yang disebut "kanet geunteut" (periuk geunteut.


2. Balum Bili (balum Beude)

Balum Beude adalah sejenis makhluk halus yang dipercayai oleh masyarakat pesisir provinsi Aceh menghuni perairan sungai, muara sungai dan perairan pantai. Dalam tradisi lokal masyarakat tradisional di Aceh makhluk ini berupa setan yang tidak bisa dilihat oleh mata. 

Sewaktu-waktu makhluk ini menampakkan wujudnya pada manusia dalam bentuk serupa hamparan tikar berwarna merah yang melayang di permukaan air. Bagi masyarakat yang berdomisili di pantai utara bagian timur Aceh makhluk ini dinamai pula denganBaluem Bili, ada pula yang menyebutnya sebagai hantu gulungan tikar.

3. Sane

Sane dalam tradisi kepercayaan masyarakat Aceh disebutkan untuk sejenis roh halus atau makhluk gaib yang bersemayam di rawa-rawa, sungai dan sungai mati. Sane dipercaya hinggap pada batang kayu yang ada di tempat yang dicurigai menjadi lokasi hunian sane. 

Sane adalah makhluk gaib yang jahat, apabila ada orang yang menyentuh batang kayu hunian sane, maka orang itu akan merasa sakit seluruh tubuhnya hingga ke tulang-tulangnya. Rasa sakit yang diakibatkan oleh sane adalah seperti ditusuk ribuan jarum dan duri  


4. Burong Tujoh
ada beberpaa versi tentang hantu ini 

-Burong Tujoh adalah 7 makhluk halus yang sering mengganggu anak kecil, anak - anak yang dirasuki burong tujoh matanya menjadi merah dan menyeramkan. Untuk menghilangkan pengaruh Burong tujoh harus dipanggil orang pintar seperti Teungku (ustad) atau pawang.

- Burong Tujoh adalah hantu jenis peliharaan para dukun santet di Aceh. Jin ini akan patuh pada majikannya apaun yang diperintahkan tetapi hanya dalam konteks santet menyantet. Begitu pula si majikan memiliki perjanjian yang harus dipatuhi sesuai permintaan si Jin Burong Tujoh tersebut. Misalnya dalam hal penyediaan Tumbal dan sebagainya.


5. Burong Tuleung

Burong Tuleung adalah setan berwujud tulang tengkorak yang menggangu orang dengan memperlihatkan dirinya dalam kegelapan

Karena makhluk - makhluk ini adalah makhluk gaib, maka tidak ada bukti jelas tentang keberadaannya, tapi, benar atau tidak



6.Burong Tingkue Aneuk

Burong (kuntilanak) sering digambarkan sebagai salah satu jenis hantu berperawakan perempuan dengan baju putih menjuntai dan rambut panjang. Burong kadang-kadang melakukan aktifitasnya pada saat hari mulai senja. Mereka memiliki  suara lirih yang begitu nyaring mirip suara sirine. namun belum dapat dipastikan apakah itu suara dari yang disebut dengan Burong tersebut atau bukan. beberapa orang mengisahkan pernah berjumpa dan berpapasan dengan Burong ini yang sedang mengendong bayi



7. Buno

Mungkin setiap orang pernah merasakan dicekik pada saat tertidur. Mungkin ilmuan akan membantah dengan bermacam teori kedokteran. Ada yang mengatakan merasa seperti dicekik itu disebabkan oleh terhambatnya sirkulasi aliran darah dikarenakan salah posisi tidur.

Nah. Pada konteks tulisan ini hanya melihat dari segi persepsi masyarakat Aceh tentang apa penyebabnya dan siapa pelakunya. Persepsi masyarakat Aceh aktor utamanya adalah yang disebut dengan Buno. Hantu ini datang saat seseorang hendak tertidur lelap antara sadar dan tidak. Fase peralihan antara sadar dengan ke alam tertidur. Saat itulah yang namanya Buno datang menyergap dan langsung mencekik, menekan perut si korban dengan sekeras-kerasnya sehingga sikorban tak dapat berkutik walaupun ia dalam keadaan setengah sadar.

Buno ini makhluk yang sering diilustrasikan dengan pria berwajah hitam, bertanduk dan berbadan kekar. Percaya atau tidak masing-masing kita saya yakin pernah mengalami yang namanya dicekik saat tertidur.

8. Jen Apui

Jen Apui (Jin Api) Jenis hantu satu ini disebut Jen Apui karena mirip bola Api. Ada yang mengatakan makhluk ini mirip kelapa bolong yang menyala. Ada juga yang mengatakan kalau jin ini menyerupai monyet yang dapat menyemburkan api dalam mulutnya. Namun hal itu tidak dapat dikonfirmasi kebenarannya karena menurut persepsi masing-masing yang mengisahkan.

Biasanya Jen Apui ini sering berkeliaran di area persawahan pada malam hari dan konon katanya juga dapat membakar setiap yang dijumpainya. Ada yang mengisahkan kalau jin ini juga hobi mengejar dan menakut-nakuti orang.




di kutip dari
peutrang
google
mnakmal

No comments:

Post a Comment

LightBlog